Selasa, 15 Januari 2008

Bisnis temanku 001-Pande Besi yang selalu saya tongkrongi

Ketika masih usia sekolah MI/SD, saya mendapatkan jatah istirahat sekolah jam 09.30-10.00. Kalau tidak sedang hujan, waktu istirahat itu kami pakai untuk bermain di lapangan sekolahan. Itu pun dilakukan setelah jajan, kegiatan yang wajib dilakukan meskipun hanya dengan sekedar krupuk upil+tempe gembos bumbu.
Seperti desa lain di Jawa, di kecamatanku juga menerapkan hari pasaran dalam 5 hari: Kliwon, Legi, Pahing, Pon dan Wage. Di desa dekat sekolahku, hari pasarnya jatuh pada hari Wage. Setiap hari memang ada aktivitas jual beli dan banyak toko baik yang permanen maupun yang gelaran. Namun di pasar Wage, banyak pedagang keliling yang hanya datang saat hari pasar saja. Mereka memiliki jadwal rutin 5 harian untuk berkeliling pasar yang raduisnya bisa mencapai 15 km-an.
Di jalan pasar Dukun, kab Gresik, ada bisnis pandai besi yang ikut ramai di hari Pasar Wage ini. Banyak pengunjung/pelanggan yang hanya datang khusus untuk membuat atau memperbaiki peralatan pertanian seperti: cangkul, arit (sabit), bendo, kampak dan sejenisnya.
Proses membakar dan kerja sama dalam memadatkan besi panas ini menjadi tontonan gratis warga, termasuk aku. Betapa imutnya aku saat itu diantara kerumunan orang-orang dewasa dengan berbagai kostum.
Proses membakarnya juga tidak canggih. Aku pun belum tahu bahan bakar apa yang dipakai, yang jelas besi yang dibakarpun terlihat merah sekali dan menandakan panas tiada tara.
Ketika usiaku sudah agak dewasa, aku sudah tidak menjumpai pande besi ini lagi. Tidak kudapat jawaban, apakah tidak ada penerus bisnis ini. Apakah tidak ada keahlian yang diturunkan ke generasi penerusnya, biaya produksi yang makin membengkak atau kalah bersaing dengan produksi massal ?

Aku jadi teringat, bagaimana bisnis yang aku jalani bisa diwariskan untuk generasi penerusku. Bagaimana persiapan manajemen dan sistemnya? wuaah, berarti kudu bikin PR nich.

Semoga kita makin sukses! amieen
salam,

http://mpishop.blogspot.com

2 komentar:

jengnadnet & isya-ayya mengatakan...

hmm..berarti nih..kalo sudah bikin PR..bakalan ada posting menarik baru lagi insyaAllah kan ya Pak?
Ditunggu!!
;-))

Mitra Bisnis Voucher Elektrik & Fisik mengatakan...

PR-nya lagi dikerjain. Aku lagi ingin bernostalgia dulu. Biar juga jejak tulisannya ada di web. kayaknya nulisnya lebih lancar.
Kalau sistem sih sudah ada. tinggal dipercanggih aja dgn IT. Tapi yg lebih penting adalah orang yg ngerjainnya.

Dimas