Rabu, 16 Januari 2008

002-Aku suka Sari Tebu

Anda tentu sering main ke mall/trade center dan mendapati orang berjualan minuman segar berupa sari tebu dan sari/juice sirsak. Hampir di setiap mall ada. Disamping karena rasa dan kesegarannya, minuman ini memang enak untuk diminum.
Dalam berbisnis, kalau ada peminat/demand maka tinggal menyediakan supplynya. Otomatis, dengan modal yang relatif murah bisnis ini mudah untuk dikembangkan. Tinggal cari lokasi yang agak strategis dan terjangkau, maka minuman segar ini siap dijual.
Tebu merupakan salah satu bahan dasar gula. Rasanya memang manis. Setelah dipanen, di daerah yang wajib tanam memang menyetorkan tebunya ke pabrik gula. Kebetulan di daerahku, tebu hanyalah merupakan tanaman saat musim kemarau yang kalau dipanen di jual di pasar untuk dikonsumsi layaknya buah.
Saya menjumpai penjualan tebu dalam beberapa model:
Tebu 1: dikupas, dipotong kecil2 dan ditusuk bisa seperti sate atau dibuat seperti bunga/sate bunga. Aku biasa beli di kantin sekolah saat SD
Tebu 2: Beli di pasar atau di kebun saat panen untuk dihisap sarinya.
Tebu 3: Sari tebu dijual dipinggir jalan yang pengelolaannya masih konvensional
Tebu 4: Sari tebu sudah jadi (diproduksi di rumah) dan dijual di mall
Tebu 5: Terbaru, proses dilakukan di mall. Tebu pilihan. benar2 sari tebu tinggal ditambah es segar. terkhir saya membeli di mall Kelapa Gading.

Yang menggelikan, beredar issue yang menyebutkan, kalau anak kecil paling bagus makan tebu yang paling muda/ujung muda. Ujung tebu yang paling atas ini rasanya agak masam karenan memang paling muda. Menurut orang tua, kalau anak-anak makan ujung tebu, maka akan pandai berenang. Saya hampir mempercayainya. Karena saya memang jago berenang baik di kali atau di bengawan solo. Setelah agak dewasa, tentu saya suka makan/menghisap yang di bonggol/ujung paling bawah yang rasanya paling manis.

Hmmmmm, manis banget sari tebunya, warna kehijauannya asli banget !
manisss, kayak saya :-D

2 komentar:

Mitra Bisnis Voucher Elektrik & Fisik mengatakan...

Wah, kalo soal issue kalo makan ujung mudanya anak kecil bisa pandai berenang,
Itu kan akal2an orang tua jaman dulu yang pengen dapet bagian manisnya
Hehe..

Rgrds,

Lukman F.
milist bisnis-smart@yahoogroups.com

Mitra Bisnis Voucher Elektrik & Fisik mengatakan...

Betul mas. Ternyata itu hanya guyonan orang2 tua yang kita anggap benar saat masih kanak2.
Tapi aku sekarang jadi pinter berenang beneran, di kolam beneran, bukan di Bengawan Solo lagi. Apalagi habis meluap dan meuluhlantakkan tambak udang bapakku.
Ada yang hoby berenang ? Sambil minum kopinya mbak Vivi dan ngobrol bisnis2 temanku ? Tapi saat ini saya tinggal di Jakarta.
salam,

Dimas
Bisnis-smart