Sabtu, 09 Februari 2008

Bakmi Jamur-Sederhana tapi menghasilkan

Bakmi Jamur-Sederhana tapi menghasilkan

“Mas, sepulang renang bungkusin aku mie jamur, yaa !”, pesan istriku sebelum aku berangkat renang bersama putriku, Sabtu 9-02-2008.
Bakmi Jamur ‘C’, di kawasan Cempaka Putih memang enak banget. Mie rebus yang kenyal ditambah irisina bawang goring, ayam goring bumbu dan jamur sungguh racikan yang menawan.
Pernah suatu hari, jam 11.00 sepulang menjemput anakku sekolah, bakul mie ini sudah tutup karena jualannya laris manis. Bukanya sih pagi hari sekitar jam 8.00. Terkadang, sehabis dari BCA yang berada di depannya, aku juga sering mampir. Maklum, jarak tempuh ke rumah juga tidak terlalu jauh, paling Cuma 5-10 menit perjalanan jalan kaki.
Mie ini hanya dijajakan pakai gerobak. Harga paket komplit adalah 12 ribu (di awal tahun 2008). Untuk rasa yang lezat, harga ini tidak lah terlalu mahal. Masih proporsional dengan value yang ditawarkan.
Bisa kita bayangkan bila sehari laku 100 porsi, berapa omzet yang dihasilkan ?
Omzet = 12.000 x 100 = 1.200.000,-
Bila marginnya 40%, berapa gross profit yang dihasilkan ? 1.200.000,-
Gross profit = 480.000,- atau sebulan +- 14.000.000,-
Itu belum termasuk menu minuman seperti teh botol, teh manis, dll.
Lumayan, kan ?
Yang mengejutkan, karena kelarisannya ini, dia tidak hanya membuka gerobak di 1 lokasi, namun beberapa titik. Tidak jelas, berapa gerobak yang dia tempatkan. Namun dia tetap menggunakan media tradisional untuk menjual dagangannya.

Toh, tetap saja laris !
Yang jelas, pedagang seperti ini bisa saja tidak lulus kuliah, tidak juga ikutan seminar, tapi terus belajar dari kondisi di lapangan. Bisa juga tidak punya dream yang muluk-muluk. Mengikuti permintaan pasar. Ada yang minta dibuatkan gerobak, tinggal pesan lagi. Kan sudah biasa. SOP-nya bisa jadi tidak tertulis, tapi cukup direkam dalam otaknya.
Nah, buat kita yang sudah sering ikutan seminar, mari kita gabungkan ilmu lapangan dan ilmu seminaran. Rasanya, ilmu ini bila disinergikan akan menghasilkan Kesuksesan yang lebih dahsyat lagi ! Amieen
Untunglah, siang itu, meski hari belum terlalu siang (masih sempat meeting sama designer percetakan di kolam renang), aku masih kebagian 1 bungkus bakmie untuk istriku tercinta. Nyam-nam.....

Salam,
http://www.mpishop.com/

5 komentar:

Collin Mikael Siswanto mengatakan...

jadi penasaran nich :)

adnan sandri mengatakan...

asik...sambil jajan sambil bisnis
www.sepuluhribu.com/?id=sukses99

adnan sandri mengatakan...

asik ne...bulan puasa dagang nyambil nyari berkah....thanks gan
www.sepuluhribu.com/?id=sukses99

adnan sandri mengatakan...

ada kemauan pasti ada jalan.....
www.sepuluhribu.com/?id=sukses99

adnan sandri mengatakan...

Bismillah.....moga berkah
www.sepuluhribu.com/?id=sukses99